Home » , » Menentukan Tema Buku Tahunan

Menentukan Tema Buku Tahunan

Written By Daniel Kepolens on Kamis, 04 Juli 2013 | 03.40

Dalam membuat Buku Tahunan, hal penting yang perlu kamu perhatikan adalah Tema Buku Tahunan itu sendiri. Tema merupakan faktor penting yang menentukan bahwa Buku Tahunan itu dinilai menarik atau tidak. Kalau buku tahunan kamu menarik banyak keuntungannya seperti saya sampaikan di sini. Nanti Tema lah yang berperan menentukan dresscode, latar dan alat yang diperlukan untuk pengambilan foto.


Mungkin sampai saat ini kamu masih berpikir, lalu apa saja tema yang cocok untuk Buku Tahunan. Nggak usah bingung-bingung,keluarin aja radar neptunus kamu, atau mulailah creative  thinking jangan negative thinking terus. Sekali-kali gunakan Daya pikir kreatif kamu untuk menciptakan sesuatu ide yang menarik, unik, kreatif, tidak plagiat, dan membuat orang lain yang melihat Buku Tahunan kamu berdecak kagum dan bilang “WOW”.


Masing-masing kelas bisa saja memiliki tema sendiri-sendiri. Atau bisa saja satu angkatan memiliki tema yang sama tapi dengan latar atau alat yang berbeda. Atau bisa saja masing-masing kelas berbeda tema tapi saling berkaitan.


Mungkin di sini saya sedikit kasih referensi Tema buat kamu yang masih bingung cari ide untuk Buku Tahunannya, referensi ini mungkin sedikit kami ambil dari Buku Tahunan yang pernah kami garap.



  1. Garden Party. Kalian bisa memakai dresscode casual dengan memanfaatkan latar taman yang hijau dan bebrapa property yang tidak boleh ketinggalan, misalnya minuman, aneka makanan manis, meja dan beberapa kursi santai yang semakin menguatkan tema yang ingin ditampilkan.
  2. Vintage. Hal-hal yang berbau lawas sedang kembali menjadi tren untuk saat ini, jadi tidak terlalu sulit untuk menemukan dresscode yang sesuai dengan tema ini. Untuk latar bisa memanfaatkan bangunan-bangunan sejarah yang terlihat classic dan bernuansa belanda kuno yang kental.
  3. Musical. Property yang digunakan tentu saja alat musik. Dapat didukung dengan kursi bar yang tinggi tanpa sandaran. Latar yang dapat digunakan ialah daerah ilalang dan rumput kecoklatan yang tinggi, agar menambah kesan wah dalam tema ada baiknya bila dresscode yang dipilih bernuansa putih.
  4. Pajamas Party. Gunakan dresscode baju tidur dan piama, property standar untuk tidur seperti kasur, bantal, guling, selimut dan boneka.
  5. Night Party. Seperti night party pada umumnya dresscode yang digunakan berkesan glamour dan elegan. Banyak pilihan latar yang dapat diambil sepeti suasana café pada malam hari, di sebuah ballroom, di samping kolam renang dsb.
  6. Weekend. Weekend? Kegiatan yang satu ini tentu saja juga dapat dijadikan tema untuk buku tahunan. Dengan pakaian santai dan mengedepankan kegiatan akhir pekan yang biasa kita lakukan seperti main PS bersama teman, bersantai dipinggir kolam, menonton tv, dan sebagainya yang tentunya tidak memerlukan banyak dana.
  7. Holiday. Latar pantai dapan dipilih untuk mewakili tema berlibur, kalian semua pasti sudah paham tentang kegiatan berlibur di pantai.
  8. Iklan di TV. Tema yang satu ini terbilang cukup unik dan membutuhkan ekspresi yang baik bagi pelakunya, kita bisa membuat cerita dalam tema ini. Misalnya kita menirukan iklan provider yang sedang marak-maraknya saat ini, sebut saja iklan kartu IS. Pertama kita bisa meniru pose mas-mas yang sedang menolak uang kembalian dari pedagang Koran, lalu pose selanjutnya sedang heran karena dikejar cewek-cewek, dan akhirya ketemu sule yang nyambung-nyambungin cerita sama tarif promo provider tersebut.
  9. Go Green. Kegiatan menanam bibit pohon dapat digunakan dalam tema ini, perjelas tema dengan dresscode berwana hijau dan menyelipkan kata-kata yang mengajak melestarikan alam seperti “save our earth”, “go green”, “lets bike to work” dll.
  10. Movie Freak. Menirukan poster film, misalnya film Breaking Dawn Part II. Ada yan jadi bella, Edward, sama Jacob. Tentu saja diperlukan dukungan editan yang sangat baik.
  11. Future Jobs. Kita berpura-pura menjalani profesi yang kita impikan di masa depan misalnya menjadi dokter, suster, pilot, presiden dan masih banyak lagi! Seru kan?
  12. Traditional Game. Latar perkampungan yang masih melestarikan rumah-rumah adat tradisional dapat dipilih dalam tema ini, dresscode tradisional santai seperti baju kaos putih, celana dasar hitam, sarung dan peci (untuk cowok), dan bagi yang cewek bisa menggunakan kebaya santai dan kain batik. Jangan lupa property mainan tradisional seperti gasing, congklak, dll.
  13. Traveling. Ada beberapa kegitan yang dapat dikedepankan dalam tema ini, sebut saja mengantri untuk membeli tiket, kegiatan packing, menuju ke Bandara (beruntung kalau bisa berfoto sampai ke dalam pesawat), dan jangan lupa property seperti koper atau travel bag dan sebagainya.
  14. Game Centre. Kegiatan hang-out di mall juga bisa dijadikan tema buku tahunan, dengan mengedepankan kegiatan bermain di game centre. kita bisa berpose di dekat permainan ataupun memilih difoto secara candid agar keseruan bermain game tampak alami.
  15. Sport. Berbagai macam olahraga dapat dipilih. Misalnya bermain tennis, futsal, hingga berenang.
  16. Bengkel. Jadi montir sehari? Kapan lagi? Dengan menggunakan pakaian ala montir bengkel yaitu jumpsuit oren dan berlatar di sebuah bengkel. Wuzz! Selesai.
  17. Urbanity. Gaya hidup perkotaan ditampilkan dalam tema buku tahunan yang satu ini misalnya bermain skateboard, nongkrong di café, shopping di mall, membuat gravity dsb.
  18. Army. Menjadi pasukan tentara dalam permainan perang-perangan juga cukup menarik. Kita bisa memanfaatkan wahana paint ball sebagai latar, dan biasanya wahana tersebut sudah menyediakan baju ala pasukan army, helm, dan senjata mainan.

Atau kalau kamu sekolah di Sekolah Kejuruan lebih mudah menentukannya, tinggal menentukan tema sesuai jurusan kamu. Atau buat kamu yang masih duduk di Sekolah Dasar bisa menggunakan tema Cita-Cita atau Negara yang kamu ingin tuju.

Kamu bisa lihat referensinya di port folio kami di sini.

Nah, bagaimana? Sudah dapat ide untuk tema Buku Tahunan kamu, kalau belum dapat alias masih buntu, tim kreatif kami siap membantu kamu kok. Makanya, jangan ragu-ragu, segera bikin Buku Tahunanmu di sini.
Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar