Finishing Buku Tahunan

Written By Daniel Kepolens on Kamis, 04 Juli 2013 | 05.07

Yang sudah sering bergelut di dunia percetakan pasti mengenal finishing. Namun, bagi yang awam pasti belum banyak mengerti tentang finishing. Finishing adalah sentuhan akhir pada sebuah media cetak, dalam hal ini khususnya buku tahunan. Finishing untuk buku terbagi menjadi 2 yakni Finishing Buku (Jilid) dan Finishing untuk Cover.

1. Finishing Buku (Jilid)
Finishing buku atau/ Jilid adalah sentuhan akhir untuk menyatukan lembaran-lembaran kertas menjadi sebuah buku yang sempurna. Banyak pilihan jenis Binding yang bisa anda aplikasikan untuk finishing buku anda. Jenis-jenisnya adalah sebagai berikut :
 a. Perfect Binding 
     Salah satu cara pejilidian buku dengan carasisi lembaran kertas yang akan dijadikan buku di milling/sayat dengan pisau untuk celah agar lem bisa masuk sempurna untuk merekatkan lembaran kertas. Lem yang dipergunakan ada beberapa jenis antara lain adalah lem putih, lem panas (hotmelt) dan lem PUR (Poly-Urethane), Contoh aplikasi perfect binding adalah untuk finishing buku jenis soft cover ataupun hard cover seperti magazine,novel,yearbook,skripsi. Biasanya untuk buku yang tebal terlebih dahulu akan di pilah-pilah agar mudah disatukan/ katern dan disatukan dengan cara dijahit dengan nilon. Untuk Buku Tahunan, finishing Perfect Binding (Lem & Jahit) paling populer karena selain awet juga tidak merusak halaman isi.



  b. Wire Binding (Spiral)
     Jilid dengan menggunakan spiral,baik itu spiral kawat ataupun spiral plastik.Jilid spiral ini tersedia dengan bergai jenis ukuran dari yang kecil sampai besar tergantung ketebalan kertas yang akan dijilid.Selain itu ada beberapa macam pilihan warna untuk menyesuaikan dengan hasil print.Sebagai contoh pekerjaannya adalah untuk proposal, portofolio, agenda, kalender, buku tahunan pun tak jarang menggunakan finishing jenis ini.


   c. Saddle Stiching.
     Jilid dengan menggunakan jahit kawat atau sering disebut steples tengah.Lembaran kertas dilipat jadi dua kemudian tengahnya diberi semacam kawat pengikat.Contoh buku tulis yang biasa kita temui sehari-hari. Untuk Buku Tahunan Cara ini memang jarang dipakai namun bisa menjadi alternatif, apabila kamu ingin finishing yang cepat.


2. Finishing Cover
Seperti pernah saya sebutkan sebelumnya bahwa cover Buku memegang peranan penting dalam menciptakan estetika (keindahan) Buku Tahunan. Cover dengan design yang bagus dan indah harus disertai juga dengan finishing yang tak kalah menarik. Berikut saya sebutkan beberapa finishing cover yang populer digunakan:
a. Soft Cover dan Hard Cover
Dari istilah tersebut biasanya orang sudah langsung mengerti. Soft Cover adalah cover yang tidak diberikan tambahan board hanya laminasi sebagai pelapisnya, dan biasanya diambil dari jenis kertas yang agak tebal  atau gsm yang agak tinggi. Sedangkan Hard Cover dalah jenis cover yang diberikan tambahan board (carton tebal), sebagai penguat atau menimbulkan kesan lebih kokoh. Untuk Buku Tahunan disarankan menggunakan finishing Hard Cover untk menjaga buku tetap awet sampai bertahun-tahun ke depan.


b. Laminasi
Laminasi ada bermacam-macam. Biasanya orang memlih jenis laminasi sesuai dengan design dari buku itu sendiri. Berikut saya sebutkan beberapa jenis laminasi.
    - Doff; yakni laminasi yang menimbulkan efek atau kesan lembut & kesat
    - Glossy; yakni laminasi yang menimbulkan efek atau kesan licin dan mengkilat
    - UV atau vernish adalah pelapis yang menggunakan bahan utama cairan dan diolah khusus dimesin sehingga menghasilkan efek yang sama seperti pelapis berbahan plastik.
    - Penggabungan laminasi dan UV adalah UV SPOT, Spot UV biasanya di pakai untuk beberapa bagian gambar pada cover yang ingin di tonjolkan seperti logo atau tulisan. Biasanya tampak di company profile perusahaan, logonya mengkilat tetapi bagian lainnya doff.

c. Emboss dan Deboss

Mungkin kamu pernah melihat bagian cover buku yang agak menyembul (menggembung) keluar atau agak mencekung ke dalam. Ya, itulah yang disebut emboss dan deboss. Emboss untuk efek gambar yang menyembul, dan deboss untuk efek gambar yang mencekung. Biasanya emboss/ deboss diterapkan untuk bagian gambar yang ingi ditonjolkan seperti logo atau tulisan.


d. Foil Polymas (Poly emas atau silver)
Hasil finishing dengan menggunakan Foil Polymas tau kita lebih sering meyebutnya dengan poly emas atau silver akan terlihat mengkilat pada bagian yg di-hotprint. Finishing ini menggunakan mesin Hot Stamping Foil Machine. Juga sering dipakai untuk mencetak Undangan, Ijazah, Sertifikat, Hardcover, dll untuk memperindah hasil akhir barang cetakan. Finishing dengan poly emas biasanya dipadu dengan finishing emboss atau deboss, sehingga hard cover kamu akan tampak semakin eksklusif, terkesan mahal dan tentunya sedap dipandang mata.


e. Pond
Pond adalah teknik memotong kertas dengan menggunakan mesin. Tak jarang juga buku tahunan menggunakan pond untuk melubangi atau memotong bagian cover sebagai pemanis atau mengisinya dengan item seperti foto atau gambar lainnya


f. Lapisan Lainnya

Berikut ini bisa jadi opsi untuk sentuhan akhir pada hardcover buku anda dengan cara melapis hard cover dengan bahan-bahan berikut sehingga terlihat mewah dan eksklusif.

  • Bludru 

 
  • Kulit sintetis
  • Wallpaper
  • Jeans


3. Instalasi


  •  Pop-Up

Pop-Up merupakan sebuah buku yang memiliki bagian yang dapat bergerak atau memiliki unsur 3 dimensi. Atau dengan kata lain Pop-up adalah gambar 3 dimensi yang menyembul keluar saat kita membuka halaman buku. Sekilas pop-up hampir sama dengan origami dimana kedua seni ini mempergunakan tehnik melipat kertas. Walau demikian origami lebih memfokuskan diri pada menciptakan objek atau benda sedangkan pop-up lebih cenderung pada pembuatan mekanis kertas yang dapat membuat gambar tampak secara lebih berbeda baik dari sisi perspektif/dimensi, perubahan bentuk hingga dapat bergerak yang disusun sealami mungkin. Dengan Pop Up, buku tahunanmu akan terlihat lebih dinamis, kreatif dan keren.


4. Packaging

  • Box
Selain memperindah tampilan buku tahunan anda box juga berperan ntuk membuat buku tahunan kamu lebih awet dan tidak mudah rusak.
  • Wrap





So, Finishing mana yang menurutmu menarik untuk buku tahunanmu? Silakan kamu diskusikan dengan teman-temanmu, atau kalau masih bingung, kamu bisa minta rekomendasi dari tim kreatif kami. Di order dulu yuk di sini.


Share this article :

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Mantab dah,,,, jadi banyak tau dunia jilid menjilid ^_^
    makasih Bang

    BalasHapus
  3. Mau tanya kalau ingin buat buku popup, enaknya dijilid apa ya?
    Terima kasih

    BalasHapus